Reboot atau Remake?

9

13/09/2011 by DiBot

Gara-gara pertanyaan Bimo di twitter jadi deh iseng nulis ini
Pertanyaannya gini “Apa sih beda remake sama reboot dari suatu film?”
Gue sih mencoba jawab sebagai penonton yah, bukan ahli perfilman ataupun jebolan fakultas film. Kalau tadi via twitter gue sih singkat jawab seperti ini kalau sebuah film digambarkan sebagai X maka “Remake : X=X, reboot : X=X+ atau X=XY” 
Dan setelah ubek-ubek internet dan ditambah pengetahun sendiri sebagai penonton film, gue mau mencoba sedikit merevisi jawaban gue sekaligus berbagi pengetahuan dikit tentang masalah ini.
Remake adalah dimana suatu film ‘baru’ dibuat ulang secara sama persis (atau tidak) dengan cerita ataupun pakem yang ada di film ‘lama’nya.
Contoh : 
Sedangkan Reboot sebenarnya sama dengan Remake namun istilah Reboot HANYA berlaku dan dapat diaplikasikan pada film ‘lama’ yang sudah mempunyai cerita yang panjang atau Franchise tersendiri, gunanya agar film ‘baru’nya dapat membangun Franchise baru sehingga dapat bertahan di masa sekarang. Atau gampangnya Reboot = Remake Plus Plus
Contoh :
Untuk membangun franchise baru, biasanya Reboot berusaha tampil beda dengan menawarkan sesuatu yang berbeda baik itu perubahan dari segi cerita maupun penokohan. Dan biasanya TIDAK menyinggung atau bahkan cenderung melupakan franchise lamanya.
Contohnya seperti film-film superhero yang kembali menceritakan ulang asal-usul tokoh utamanya, misalnya Batman, Spider-Man.
Tapi untuk kasus franchise James Bond, biarpun melalui Casino Royale mereboot cerita petualangan James Bond, tokoh M tetap diperankan Dame Judi Dench, yang memerankan M di franchise sebelumnya.
Semoga bagi-bagi pengetahuan ini nggak buat kawan-kawan bingung lagi yah…tapi kalau malah bingung baca penjelasan gue…yaaa…maaap…
-DiBot-

9 thoughts on “Reboot atau Remake?

  1. hani nhk says:

    pnjelasan yg ok kok! cukup dmngerti. dan ga kalah sama yg diajarin waktu kuls.

  2. ancha anwar says:

    Tfs… Clear enough!

  3. Seharusnya emang kek begini ini penjelasannya, bisa dimengerti semua orang ^^d

  4. Arya Ang says:

    kalau reboot condong ke film yg udah mentok yah kalau remake lebih ke film jadul yg sukses

  5. Yas Dong says:

    Lemayan ngerti jadinye. Tengs bangbot

  6. arsitha chan says:

    bisa dimengertiii bangetttt. tfs

  7. Bimo Pribadi says:

    wah mas dibot ga ngasihtau gw kalo diulas disini, hampir aja kelewatan mas, hehe
    thanks anyway Suhu! ga salah nanya gw.. hehehe

  8. Trinie Lupin says:

    Reboot : Teen Wolf 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Recent Posts

Categories

%d bloggers like this: