Me, Filmkomik and Komik Indonesia : The Introduction!

15

20/06/2011 by DiBot

Ini adalah sedikit penjelasan lebih agak lengkap dari meme : A Movie From Your Childhood
Almarhumah Kakak (Bude) dari almarhumah Nyokap menikahi seorang (sudah almarhum juga) berpangkat tinggi di jajaran militer Indonesia, sebenarnya sih gue lupa pasti pangkatnya tapi cukup tinggilah di waktu itu, konon mantan Wakil Presiden RI Try Sutrisno sewaktu masih tamtama di Secapa, termasuk salah satu murid almarhum Pakde gue ini.
Meskipun mereka adalah pemeluk agama Kristen, sedangkan kami sekeluarga adalah Muslim, kami saling bergantian mengunjungi untuk sekedar besilaturahmi antar keluarga.
Jadi tiap Natal tiba, kita sekeluarga pasti pergi kerumah mereka di bilangan Gudang Peluru, Tebet. Dan karena mereka well…hidupnya lebih berkecukupan, satu hal yang menarik setiap kesana adalah satu set televisi dan video VHS mereka.
Sampai satu waktu disaat kita kesana, kakak sepupu gue (anak mereka yang kini juga sudah almarhum) tengah memasang videoklip di tv mereka, yang tak lain adalah video klip grup musik Queen dari soundtrack film liveaction FLASH GORDON
Adegan demi adegan videoklip itu langsung membuat gue terpana, tentu saja karena adegan perang yang wah, spesial efek yang baru gue lihat dan tentu saja kostum dan penampilan tokoh-tokohnya yang unik, belum lagi ditambah musik yang sangat menarik. Maklum biasa nonton kartun jadi agak norak pas nonton yang live action.
Dan UHUY!!! menemukan DVD Original Flash Gordon dengan harga murah adalah hal terbaik untuk menutup cerita masa lalu ini.
Satu saat atau mungkin karena melihat gue yang terpana dengan tontonan yang ada. Almarhum Pakde pernah bertanya “Kamu memangnya suka baca komik?”, gue tentusaja mengangguk dengan antusias apalagi langsung di komentari Almarhumah Nyokap “Dia sih demen banget baca komik.” 
Yup sebelum itu memang gue dah sering baca komik namun sebatas komik-komik Kisah 25 Nabi dan Rasul, komik Harvey terjemahan (Richie Rich, Casper, Hot Stuff dkk) dan tentusaja komik-komik DC terjemahan, dari Cypress yaitu Superman dkk. Tapi nonton film orang (live action) yang diangkat dari komik memang baru itulah.
Dan saat kunjungan usai, mendadak Almarhum Pakde, masuk kedalam kamarnya dan membawa setumpuk komik yang diberikan pada gue. “Ini coba kamu baca…BAGUS lho!”
YES…dan inilah dia perkenalan gue pertamakalinya pada komik-komik wayang karya Eyang R.A Kosasih.
Hal ini berlangsung setiap kita berkunjung kerumahnya, baik saat Natalan atau kunjungan biasa, tiap kita kerumahnya PASTI ada aja komik yang gue terima, yang kebanyakan adalah komik-komik wayang, sampai akhirnya gue khatam dan tenggelam menyukai cerita-cerita kepahlawanan di dunia perwayangan. Hehehe…padahal gue grew up di lingkungan keluarga dengan tradisi Sumatera.
Mulai saat itulah gue mengenal komik Made In Indonesia, bersama anak tetangga sebelah rumah…mulailah berburu, beli sampai tuker-tukeran komik, sampai akhirnya gue mengenal komik-komik Indonesia lainnya macam GUNDALA PUTERA PETIR dan yang lain-lain, kebanyakan sih yang bercerita Superhero dibanding genre Silat yang juga lagi marak pada waktu itu.
Dan Alhamdulillah…melalui pertemanan, salah satunya melalui MP-lah akhirnya bisa bertemu dengan mereka-mereka yang karyanya pernah menghiasi indahnya masa kecil gue ini. Dan tentu saja akhirnya menonton film live action Gundala Putera Petir langsung di bioskop. 




→ DiBot

15 thoughts on “Me, Filmkomik and Komik Indonesia : The Introduction!

  1. fickle boon says:

    oh tumben posting soal diri sendiri… hihihih…

    bersejarah yah ternyata

  2. Crow Reborn says:

    So… you do remember…

  3. DiBot ! says:

    practice…mumpung lagi mood, itu juga dig deeper banget!!

  4. DiBot ! says:

    lagi bete ngedisain…jadi ngemood nulis apalagi nggak ada film yg lagi pengen ditonton

  5. iip .. says:

    GL dong GL…

  6. DiBot ! says:

    dah donlod….malez nonton

  7. arsitha chan says:

    isinya jadul jadul semua bwahahahaha, ada yang ngga gw tahu LOL

  8. New Rule says:

    pada almarhum semua?

  9. New Rule says:

    that's freaky…kecelakaan?

  10. DiBot ! says:

    kagak…pakde-bude krn sakit dan old age, putra mereka jantung dan nyangkut obesitas, nyokap gue gagal ginjal…

  11. New Rule says:

    kirain rumahnya pakde diserbu pasukan tak dikenal lalu diberondong semua (kebanyakn nongton film action)

    dibot sumateranya mana …? utara?

  12. DiBot ! says:

    bokap padang, nyokap jawa tapi both pada grew up di palembang…jadi campur2 deh…beda ama keluarga pakde yg masih jawa banget

  13. Relly M.M. says:

    wow… keren….
    waktu kecil kebanyakan baca komik marvel… yang Indonesia punya kebanyakan Petruk Gareng… trus yang serial silatnya… aku sama sekali ndak ingat judul maupun pengarangnya…:(

  14. Bimo Pribadi says:

    gile mas dibot turun gunung.. hehehe

Leave a Reply

Categories

