Pencarian Terakhir (2008)

10

16/03/2011 by DiBot

Rating:
Category: Movies
Genre: Horror

Gancar (bah…ada nama orang seperti ini??) dan kawan-kawannya hilang setelah mendaki Gunung Sarangan, Sita (Richa Novisha) sang kakak dan kedua orang temannya Oji (Alex Abbad) dan Bagus (Yama Carlos) dengan dibantu Tito (Lukman Sardi), bergabung dengan tim SAR dan membantu sebisa mereka.

Kembalinya Tito ke Gunung Sarangan selain untuk membantu mereka ternyata juga berusaha menghapus perasaan bersalahnya dulu saat harus kehilangan sahabatnya Norman (VJ Mike) saat tengah tersesat di sana beberapa waktu lalu.

Tagline film ini “MEREKA HANYA INGIN PULANG” mungkin cocok dengan perasaan para penonton yang ingin segera pulang dan menghendaki para tim SAR itu selamat dan para pendaki yang hilang itu biarlah terus hilang menebus dosa-dosa mereka.

Walaupun cerita yang disajikan cukup berbeda dengan film kebanyakan, maklum cerita petualangan alam memang sepertinya kurang diminati untuk diangkat jadi film padahal gue yakin calon penontonnya banyak lho, liat saja tiap sekolah sampai universitas pasti ada ekskul Pencinta Alam (apapun namanya), daerah puncak dan pegunungan pun masih tetap penuh bagi yang gemar olahraga seperti ini.

Tapi tetap saja, untuk menarik penonton Indonesia, pembuat film ini (lagi-lagi) memaksakan unsur horor dan mistis. Cerita standar anak muda yang suka iseng tanpa memperhatikan sekeliling jadi pemanis film ini.


Sayangnya cerita jadi susah untuk diikuti karena penonton dipaksa mengikuti dua sisi cerita yang berlainan dalam waktu yang bersamaan.

Sisi dari para korban yang seharusnya walau niatnya menyeramkan malah meninggalkan kesan nggak jelas di akhir cerita. ‘ketololan’ mereka yang menyebabkan mereka tersesat sepertinya memang sudah seharusnya terjadi sehingga wajar jika penonton tidak bersimpati pada kemalangan mereka.

Justru di sisi lain saat menceritakan perjuangan tim SAR beserta Sita dkk, cerita hadir cukup menarik, salut terhadap tim SAR apapun bentuknya, apapun bencananya, mereka rela mengorbankan jiwa-raga sediri demi menyelamatkan jiwa-raga orang lain.

Transisi antar cerita inilah yang cukup membuat film ini capek di tonton dan bahkan mulai membosankan sampai menjelang akhir film, well…at least itu bagi gue seorang yang bukan pencinta aktivitas luar rumah apalagi di gunung dan hutan seperti lokasi film ini.

10 thoughts on “Pencarian Terakhir (2008)

  1. sepupu gw namanya Gancar! 😀 emg ajaib tapi ada beneran orangnya.
    gw uda nonton film ini di FTV kl ga salah. lumayan lah walopun ga serem, seenggaknya ceritanya lbh normal dibandingin film horor lokal yg di bioskop 😀
    ini ga masuk bioskop kan?

  2. DiBot ! says:

    hihihi…ada toh…maaap

    masuk bioskop ah emang cuma bentar, dvdnya baru aja keluar akhir tahun lalu, banyak yang nyari juga dvd, ya itu karena usia tayangnya yg bentar banget di bioskop

  3. hahaha santai aja, emg ajaib kok:)

    itu yama carlos main apa lagi ya? pemain terkece di filem ini:D

  4. DiBot ! says:

    kayaknya banyak deh…maap bukan pengamat cowok cakep siih…

  5. Oki Keren says:

    beli nasi bebek kan aktipitas luar rumah, dul.

  6. ivan ekatama says:

    sumpah ngakak mas bacanya XDD

  7. ivan ekatama says:

    hahaaha ngakak mas baca tagline nya XDD

  8. ivan ekatama says:

    klo Gantar sh ada…

  9. Bimo Pribadi says:

    absurd sepertinya…

  10. Gancar mah ganciiiil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: