The Last Airbender – Book 1 : Water (2010)

16

08/07/2010 by DiBot

Rating:
Category: Movies
Genre: Kids & Family

100 tahun lalu Aang, seorang bocah berusia 12 tahun yang ditakdirkan sebagai sesosok avatar menghilang (terkubur membeku), sampai akhirnya ia bangkit lagi dan kini dengan ditemani dua sahabat barunya Katara dan Sokka, mereka mengembara untuk menguasai ilmu kuasa elemen guna menghadapi kekuatan Negara Api, yang akan mengusasi seluruh Negara yang ada.

Sementara itu Zuko, putra raja yang terbuang dari Negara Api bertekad untuk menangkap Aang dan membawanya kehadapan sang ayah, raja negara api demi memperbaiki nama baiknya dan memaafkannya.

Pertempuran pun pecah di Negara Suku Air Utara, kini Aang harus membuktikan bahwa dialah sang avatar sejati.


I’m not a fan of the cartoon series, so I absolutly no idea about the story…jadi pengharapan gue akan film ini tidak terlalu tinggi, walau banyak yang bilang serial kartun ini bagus, tapi entah kenapa sampai sekarang gue masih males untuk menontonnya.

Apalagi setelah tau akan disutradarai M. Night Shyamalan yang 3 (tiga) film terakhirnya jeblok di pasaran, aneh sudah tiga filmnya jeblok dipasaran kok ya bisa sampai diberi kerjaan menyutradarai film ini dari skrip yang ia tulis sendiri juga.

Untuk sebuah film anak-anak, gue rasa film ini cukup sukses karena tidak ada cerita yang berat dan berarti difilm ini, anak-anak juga pasti terhibur dengan menariknya spesial efek yang ditawarkan di film ini.

Untuk orang dewasa sepertinya buat yang penggemar film berspesial efek canggih dan menarik dengan ditambah sentuhan 3D tanpa yang memperdulikan cerita yang ada, maupun kualitas akting para pemain filmnya, film ini akan sangat mudah merebut hati kalian.

Agak sedikit aneh melihat sebuah film beraura Asia, dengan sajian beladiri khas Asia tapi dengan pemain utama yang kebanyakan bule, sementara orang asianya sendiri malah tersingkirkan menjadi tokoh jahat.

Cerita sendiri terkesan terlalu padat dan dipadatkan, sehingga semua bergulir terlalu cepat dan tanpa penjelasan, walau penjelasan-penjelasan muncul melalui narasi yang diutarakan oleh Katara.

Perubahan mood film dari yang terkesan ceria (namanya juga film kartun anak) ke yang lebih serius bahkan terkesan lebih gelap, sepertinya tidak terlalu cocok untuk film ini, Dan membuat film ini terasa makin jauh dengan material aslinya.


Akting para pemain terkesan kaku dan dipenuhi dengan dialog-dialog yang terdengar cheesy (murahan) untuk film seperti ini, Yang menarik tentu saja Jackson Rathbone, dia berhasil membawa dan sepertinya melanjutkan peran kakunya di Twilight, jika nanti ada film Bambi versi live action, gue rasa dia dapat berperan sebagai pohon dengan sangat baik.

Walau harus diakui pemilihan Noah Ringer sebagai tokoh Aang, gue nilai cukup menarik, walau tampangnya jauh dari mirip dengan sosok Aang di film kartun (yang lebih berwajah Asia), tapi skill beladiri yang ditampilkan cukup lumayan untuk anak-anak seusia dia. Sayang skrip yang memang kurang mendukung malah akhirnya membuat pernampilan dia jadi berkurang.

Jangan juga harapkan menemukan karakter Aang yang lucu, kocak dan nakal seperti di film kartunnya. Disini Aang seperti dalam ceritanya masih merasa berat untuk menjadi seorang Avatar jadi wajar saja disini dia terlihat lebih banyak murung dan bermuramdurja, lebih mengingatkan standar tipikal tampang Daniel Radcliffe di film-film Harry Potter.

Overall…lagi-lagi sebuah film adaptasi serial kartun yang kurang menarik untuk ditonton dan belum bisa menyamai ketenaran dan kehebatan materi aslinya. Kualitasnya pun untuk sebuah film epik adaptasi, film ini masih setingkat dengan film epik gagal lainnya, macam Eragon, Dungeons & Dragons dan sekuel-sekuelnya. Dan sama dengan Eragon sepertinya JANGAN terlalu berharap untuk film ini dilanjutkan sampai menjadi trilogi yang komplit.

Sebaiknya dihindari oleh para penggemar berat serial kartunnya karena hanya akan membawa kesal semata sepanjang menonton film ini.

Sekiranya setelah 4 film buruk M. Night Shyamalan sudah sepatutnya mendapat laknat dari the GODS of Hollywood!!!

16 thoughts on “The Last Airbender – Book 1 : Water (2010)

  1. iip .. says:

    menang d trailer doang yak. ternyata ancur..

  2. DiBot ! says:

    sama kaya clash of titans, jual trailer doang

  3. padahal si aang tuh lucu bgt di kartun..botak tengil lagi 😛

  4. Ouhara Jou says:

    film SHYAMALAN menurut gua bagus cuman THE VILLAGE doank…

  5. Ouhara Jou says:

    musuhnya yang codet an itu kurang mirip menurut gua..

  6. Ouhara Jou says:

    ini baru BOOK I yang notabene hasil nya akan merusak mata fans kartunnya..

    apa kabar kalo ampe kluar buku yang laen???

    tapi CG nya ama koreo fightingnya boleeehh laahh…tidak mengecewakan IMO

  7. DiBot ! says:

    selera yang aneh…kenapa juga malah milih karya dia yg jelek

  8. hani nhk says:

    coba loe tonton dulu dehh. kartunnya bagus bgt. what you expected from a good storytelling and good animation.

  9. DiBot ! says:

    sebenarnya dah nonton tapi sepotong2 doang han, apalagi di global sekarang kan ada yg kayak recap gitu, plus trivia bitsnya…diulang dari season 1, makanya agak ngerti dikit pas nonton yg ini

    gue kalo dah kebanyakan episode-season…aduuuh…nyari waktu ama konsen buat nonton maraton susah euy — hal ini juga berlaku untuk dexter, lost dsb

  10. hani nhk says:

    hmm… kalo uda telat suka males ya.

  11. hohohoho….worst movie for this years?

  12. parah emg katanya nih film…haha

  13. hani nhk says:

    katanya gara2 film ini, skrg karirnya M.Night Smalalaladingdong jatoh abis. mereka mo bikin sequel atau nge-reboot lagi.

  14. DiBot ! says:

    Smalalaladingdong is the NEXT boll

  15. isaac mister says:

    syamalamaladingdong karirnya uda goodbye.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Recent Posts

Categories

%d bloggers like this: