The Day the Earth Stood Still (1951)

8

08/03/2010 by DiBot

Rating: ★★★★
Category: Movies
Genre: Science Fiction & Fantasy

Sebuah benda udara yang asing mendarat di tengah-tengah lapangan di Washington DC, dari dalamnya keluarlah sosok yang berwujud manusia bernama Klaatu yang meminta untuk mempertemukannya dengan para pemimpin dunia, namun akibat kesalahan salah satu personel polisi Klaatu tertembak dan Gort robot penjaganya mulai menyerang dengan sinar laser yang dapat melululantakkan sebuah panser maupun sebuah tank baja.

Walaupun daya hancur Gort sangatlah menakutkan, niatan Klaatu datang ke Bumi ternyata dalam misi damai, ia berasal dari ras mahluk asing yang peduli akan kelangsungan kehidupan di planet Bumi. Tapi tetap saja sifat dasar manusia yang takut akan sesuatu yang tidak mereka ketahui (fear of the unknown) menempatkan sosok Klaatu sebagai pihak yang harus selalu di curigai dan diburu oleh pihak pemerintahan.


Di film ini manusia diingatkan bahwa kelangsungan hidup manusia itu jauh lebih penting daripada pemuasan nafsu manusia yang cenderung cuma menghasilkan kehancuran belaka.

Klaatu bisa dibilang bagaikan sosok Nabi dari luar angkasa yang membawa pesan perdamaian demi kelangsungan hidup manusia, namun sifat dasar manusia yang selalu mencurigai, skeptis dan tidak percaya akan suatu cara yang baru malah terkadang justru membahayakan hidup mereka sendiri.

Klaatu yang mempunyai robot sehebat Gort digambarkan sangat berbeda dengan standar tipikal mahluk luar angkasa cerita Sci-Fi lainnya, ia tidak jahat dan tidak ingin menguasai dunia. Bahkan ia sangat peduli akan umat manusia

Sebuah film klasik yang menarik dan wajib tonton oleh para penikmat genre Sci-Fi, apalagi setelah di acak-acak oleh film remakenya.

“If anything should happen to me, you must go to Gort.
You must say these words:
Klaatu Barada Nikto.”

8 thoughts on “The Day the Earth Stood Still (1951)

  1. Ohjal .h says:

    merinding liat trailernya…

    klo yang remake nya udah liat?

  2. DiBot ! says:

    nggak penting…buang2 waktu aja…

  3. akhirnya ada yg bahas ini
    kurasa inti dr kisah ini bagus.. cuma emang susah mengemasnya

    maaf gk bs kasi bintang

  4. gue kok ngantuk abis nonton remakenya ya…

  5. hani nhk says:

    yep, originalnya emang jauuuuuuuuh lbh bagus daripada remakenya. basis fear buat masyarakat pd taun itu pd perang dunia soalnya.

  6. pas menit ke berapa
    gw masih melek sampe dia ngabur trus ketemu temennya yg ternyata milih ada di sisi manusia??? walau temennya sendiri yg bilang manusia gk bs diselamatkan

  7. pokoknya pas si Klaatu mulai jalan-jalan sama si perempuan dan anaknya itu. Ah, pokoknya sangat tidak berkesan sampe gue gak bisa inget apa-apa soal film ini kecuali adegan awalnya 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: