BrastaSeta: Sang Penyembur Api

5

27/08/2009 by DiBot

Rating: ★★
Category: Books
Genre: Comics & Graphic Novels
Author: Wahyu Hidayatz

Komik ini mungkin (bagi gue) mengingatkan pada masa kejayaan Sawung Kampret semasa masih di majalah HumOr.

Kisah dunia persilatan di tanah Djawa Dwipa yang nyeleneh, kocak dan gokil, ditambah dengan kelakuan tokoh utamanya, Brastaseta yang sama sekali jauh dari sifat heroik.

Ceritanya menarik bahkan oleh komikusnya sudah ditetapkan akan dijadikan trilogy dan komik ini pun di beri cap sebagai Graphic Novel.

Sayangnya dengan cerita yang panjang (sehingga membuat komik ini menjadi lebih tebal dibanding komik Indonesia lainnya) maka banyak pulalah tokoh-tokoh yang bermunculan dan sayangnya pengenalan (introduction) tokohnya gue nilai kurang, apalagi diperparah dengan gambar beberapa tokoh yang hampir mirip gambarnya, kebanyakan sih tokoh wanitanya.

Parody yang dilakukan juga lebih masuk akal, menarik dan memberi bumbu tersendiri untuk komik ini. Dan bagusnya sang komikus tidak terjebak di area parody sehingga semua masih terasa natural walau dibeberapa panel malah terasa aneh dan norak.

Salah satu hal yang mengganjal buat gue di komik ini mungkin kelakuan BrastaSeta yang playboy abis, terus terang kok malah terkesan keplayboyannya terlalu diagung-agungkan sampai 3 (tiga) cewek jatuh cinta ama dia. Dan BrastaSeta pun digambarkan bangga karena berhasil mempermaikan cinta para gadis-gadis itu.

Ryo Saeba, sang detektif swasta yang super cabul, penjahat kelamin dan penganggu semua wanita saja, walau ditaksir dan dapat mudah mempermaikan cinta, namun ia tetap bisa setia terhadap Kaori.

Even Forest Gump yang ber-IQ jongkok aja masih bisa setia kepada Jenny

Hmm…sebegitu rendahnya kah arti cinta sejati sekarang ini?…pesan moralnya…kayaknya komik ini nggak patut deh dibaca ama anak-anak…bisa-bisa jadi playboy cap brastaseta tuh.

Mungkin karena ini masih buku pertama jadi belum bisa di review dan dibahas secara penuh, tapi overall komik ini jadi salah satu tambahan menarik di khazanah perkomikan Indonesia.

Maju terus komik Indonesia !!!

5 thoughts on “BrastaSeta: Sang Penyembur Api

  1. kang prey says:

    aku udah beli. cuman belon abis mbacanya. keburu lupa dipinjem siapa.

  2. DiBot ! says:

    “siapa yg pinjem komiknya oom prey…harap dikembalikan!!!”

  3. kang prey says:

    ntar kukasi hadiah kalo ketemu

  4. playboy cap brastaseta :-p. Nicely put!

  5. aku juga sudah beli, cuman disimpen si Indi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Recent Posts

Categories

%d bloggers like this: