Tron (1982)

5

02/08/2009 by DiBot

Rating: ★★★
Category: Movies
Genre: Science Fiction & Fantasy

Tron is a 1982 science fiction film by Disney. It stars Jeff Bridges as Kevin Flynn (and his program counterpart inside the electronic world, Clu), Bruce Boxleitner as Tron and his User Alan Bradley, Cindy Morgan as Yori and Dr. Lora Baines, and Dan Shor as Ram. David Warner plays all three main antagonists: the program Sark, his User Ed Dillinger, and the voice of the Master Control Program. It was written and directed by Steven Lisberger. Tron has a distinctive visual style, as it was one of the first films from a major studio to use computer graphics extensively.


Diperlukan 17 tahun bagi Hollywood untuk menjiplak ide film ini (The Matrix) dan diperlukan 28 tahun untuk membuat sekuelnya.

Dikisahkan seorang programmer bernama Flynn, tiba-tiba masuk ke dalam komputer perusahaan ENCOM dan ikut serta dalam revolusi untuk mengulingkan sang tirani Master Control Program.

Tron adalah suatu mahakarya kisah yang jauh lebih maju dari jamannya, mengingat tahun 1980an komputer masih menjadi satu hal yang janggal dan kecanggihannya masih ada di benak manusia saja.

Highlight di film ini tentu saja permainan komputer yang harus Flynn jalani, seperti adu tennis ala game Pong ataupun adu balap motor ala game Snakes, benar-benar adegan yang sampai saat sekarang kayaknya belum ada tandingannya sampai sekarang


Overall Tron adalah sebuah perjalanan yang menarik sekaligus mengekplorasi sisi lain dari dunia perkomputeran. Walau sayang cerita yang ditawarkan belum seluas dunia komputer yang diceritakan, apalagi buat para penonton yang sama sekali buta dengan komputer.

5 thoughts on “Tron (1982)

  1. gara-gara mau ada sekuelnya, jadi pengen nonton ulang film ini. Dulu waktu nonton gue masih piyik jadi ingatan gue agak kabur 😛

  2. DiBot ! says:

    lah gue juga ngebut nontonnya gara2 trailer utk film barunya ris, nontonnya juga digeber walau harus nonton di mp4 player…

  3. dapet dari mana? donlod, dvd, atau betamax? 😀

  4. DiBot ! says:

    donlod dari pc temen, kayaknya sih dia donlod dari indowebster…coba cari aja, yg gue tonton yg versi 20th anniversary

  5. Oki Keren says:

    estar preparado!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: