Congkak (2008)

5

27/08/2008 by DiBot

Rating: ★★
Category: Movies
Genre: Horror

Kazman is a dedicated husband who, despite his wife Sufiah’s protests, decided to buy a bungalow for their family near a lake as a family getaway. Anxious in the new house, Sufiah feels as if someone is watching her. Her daughter Lisa, who would always go downstairs at night to play congkak with someone whom she could only see, compounds her uneasiness. Sufiah throws the congkak in the lake, but is awakened the next night by the sound of the congkak being played again and upon investigation, she sees an old lady playing it. When her daughter disappears, the oldest resident in that area, Pak Tua, comes to the family’s rescue and helps in locating the missing family members.

Film horror ketiga Malaysia gue setelah Chermin dan Waris Jari Hantu. Dan hasilnya sama aja sedikit mengecewakan, well at least it’s better than us, terutama disegi cerita.

Seram…yaa tergantung lah…bagi gue sih malah nggak, beberapa adegan yang seharusnya seram malah membosankan dan jelas terinspirasi dari adegan di film The Others.

Yang menarik justru penggunaan Congkak (Bahasa Indonesia : Congklak) sebagai barang yang berhantu, yaa kita sesama bangsa Melayu masih stuck di barang-barang kuno dan berhantu, tidak seperti di Jepang / Korea dimana hantu malahan sudah berhasil menghantui peralatan modern (telepon, video, internet, jalan tol, kereta dll).

Dan dengan berani dan kreatifnya film ini mencoba menceritakan asal muasal congkak yang dibilang sebagai alat permainan sang Dewata dan menggambarkan pintu surga-neraka beserta 7 lubang surga-neraka…Hebat euy!!!

Overall dari segi cerita, spesial efek ataupun sinematografi…lumayan lah dari pada nonton film horror Indonesia yang nggak jelas, ditambah pemeran Lisa (anak yang di’goda’ hantu) juga sangat meyakinkan. Dan seperti biasa laksana film-film horror Indonesia circa tahun 80-90an dan dua film horror Malaysia lainnya (Chermin dan Waris Jari Hantu)…kehadiran sosok Ulama (Pak Haji Tua) menjadi penolong utama dari semua musibah yang terjadi di film ini, agak corny atau basi yah…tapi bagaimana pun juga segala kekuatan jahat memang hanya bisa dilawan oleh kekuatan yang Maha Kuasa melalui sang Ulama sebagai perantara.

Endingnya….BAGUS…

Trailernya :

5 thoughts on “Congkak (2008)

  1. Kenzo Tenma says:

    7 lubang surga? wah…

    *berusaha untuk tidak berpikiran kotor…*

  2. fickle boon says:

    tapi kalo dibandingin horor indonesia jaman sekarang yg cupu berat, gw lebih suka tipe film Suzanna yg endingnya pake Pak Haji adu ilmu gitu deh.

  3. DiBot ! says:

    horror indonesia jaman sekarang mah sama dengan kelakuan pembuat2nya…pada nggak punya Tuhan!

  4. isaac mister says:

    congkak?
    gw pikir artinya sombong?

  5. DiBot ! says:

    hehe…beda arti banget kan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Recent Posts

Categories

%d bloggers like this: