Profil Anak Jkt Taon 80-an :

4

05/08/2004 by DiBot

Sewaktu SD mengalami perpanjangan tahun akademik 1978/79

Masih ngerasain acara 12 Pas, Catatan Si Boy, Pro Kamu, ataupun masih ngenalin suaranya Ida Arymurti, Iwan Haryono atau Artha Bangun di Prambors 666 AM.

Ikut naik atap rumah untuk ngeliat Cilandak menyala (Komplek KKO)

Pernah ada yg ngajakin nongkrong di Dairy Queen Blok M Melawai

Pernah punya textbook dgn tulisan ‘Sesuai Kurikulum 1975’

Ikut panik ketika Turbo diisukan meninggal karena HeadSpin

Ikut ‘rush’ borong kaset ke Aquarius Mahakam atau Duta Suara pada malam 31 Juni 1988 (karena esok harinya harga kaset naik dari Rp. 2.750,- menjadi Rp. 4.500,-/ Rp5.000,-)

Pernah ngerasain sekolah setengah hari karena: Ada pertandingan Muhammad Ali vs Larry Holmes (1980)

Wajib nonton Janur Kuning (1981)

Wajib ikut apel akbar Wajib Belajar di Stadion Utama Senayan 2 mei 1984

Wajib nungguin parade api PON (1988)

Pernah punya salah satu produknya Nike, LA Gear, Reebok (sepatu, kaos kaki, singlet)

Bosan nungguin gerhana matahari total yg ternyata lamanya minta ampun

Ikut menjadi peserta Pilot Project, serta mempromosikan Senam Kesegaran Jasmani

Ngeliat banyak mobil diceperin dan dikasih stiker tulisan Turbo atau Mugen Power

Pernah punya sepatu merek Lotto atau Panther

Pernah dapet pembagian Susu Ovaltine atau Milo di sekolah

Channel TV cuman TVRI doang

Kalo hari minggu Pagi nonton Si Unyil produksi PFFN

Antara Pagi-Siang nonton Album Minggu Kita

Siang nonton Little House On The Prairie

Anak-anak cewek pada demen sama produknya Sanrio (Hello Kitty, My Melody, Little Twin Star, etc)

Pernah ngeliat Sepatu Bandung model-model ‘All-Star’ dipenuhi dengan label-label pakaian tapi warnanya luntur kalo dicuci ditambah aksesori tali-tali sepatu yang nggak kalah ajaib warna dan motifnya

Kalo pake celana jeans, dilipet sampe pas dibawah dengkul, pake slayer, kemeja flanel kotak-kotak yang di kancingin cuman satu paling atas, sambil nenteng-nenteng tas sekolahan buatan JayaGiri atau Alpina

Pernah punya sepeda BMX yang ditinggiin setiang listrik. Minimal pernah temenan sama yang punya.

Masih hapal nama tokoh2 di film Si Unyil

Di kepalanya masih terngiang-ngiang lagu ‘Suzanna’-nya The Art Company

Pernah nongkrongin video rental untuk dapetin episode terbaru serial Voltus atau GoShogun.

Pernah nyewa film Ikkyu San di video rental dari no.1-5, tapi abis itu kecewa soalnya nomer selanjutnya kagak diproduksi lagi.

Komik Dragon Ball belum ada. Paling ada juga komik Mimin.

Pernah ikut-ikutan BreakDance dan maen Sepatu Roda…

Nonton The Legend of Condor Heroes di videotape yg berformat BETAMAX

Pernah ngedengerin lagu ‘Madu dan Racun’-nya Ari Wibowo ama ‘ ‘Kugadaikan Cintaku’ nya Gombloh…

Demen ama drama Losmen, Rumah Masa Depan.

Buat yang cowok, rambutnya dipotong ala poni Adi Bing Slamet

Suka ama klip musik video Top Pop 10, 15, dst.

Rambut John Taylor, Duran-Duran digandrungin banget.

Ngadu Biji Asem (Biji Karet), sampe dibakar biar kuat.

Main kwartet atau gambaran kalo pulang sekolah.

Kalo’ nggak pake’ abonemen, bayarnya bis Rp.25,-

Punya buku kenangan yang kebanyakan ngisinya diakhiri dengan Don’t Forget To Remember..

Hafal lagu-lagunya Queen, A-ha, Genesis…

Gandrung sama grup Chaseiro-nya Chandra Darusman and PSP, grup dangdut anak-anak UI.

Suka pake tatto bonus dari lolipop chuppa chups

Kalo nonton konser, yang manggung perform repertoar band panutan, kayak Cockpit/Fredy Tamaela jadi Genesis/Phil Collins, Ikang jadi Rod Stewart (suaranya diserak-serakin sampe jadi serak beneran)

Saben taon kudu nyari tiket Guruh & Swara Mahardikanya

Fariz RM masih nggebuk drum

Erwin Gutawa masih metik bass

Hafal kata2nya semua lagu dari kaset Sabda Alamnya Chrisye, bahkan yg aneh2 dan sok Kawi (karangan Guruh)

Taman Kodok sentra breakdance

Pernah dipaksa study tour ke TMII dan kudu bikin karya tulis padahal nongkrongnya di tukang teh botol

Baca komiknya Trigan, Arad & Maya, Coki si Pelukis Cepat, Roel Dijkstra di majalah Hai

Rambutnya di-punk rock, rada jriwis2 kayak Kim Wilde tapi ada bagian yang panjang dikepang kecil2 kayak Adam Ant terus dijepit/digantungin aksesori kecil2 berwarnawarni

Bajunya lengen pendek tapi digulung2 lagi kayak preman, padahal nggak ada ototnya.

Sempet ikut panik waktu ada sanering; kecil2an, waktu nilai rupiah sempet jeblok. Padahal nggak ngaruh sama uang jajan. Tetep aja nggak cukup.

Nonton Sarinah kebakaran, soalnya jaman dulu belom musim bakar2an yg gede2.

Sempet nangis waktu dinosaurus temennya Kumkum mati

Ngumpulin poster dari majalah Gadis

Hari Kartini kudu nyewa baju daerah

Yang cewek kaos kakinya ada kepala bonekanya

Pada bangga banget pake jam digital, biar ALBA juga

Kalo upacara nyanyi Satu Nusa Satu Bangsa, refrainnya suka ditambah2in sendiri.

Di sepanjang jalan Sabang lagunya Fiesta Forever mulu. Owner of the Lonely Hearts. Karma Chameleon.

Pada rame2 beli walkman (baru keluar sih)

Pada rame2 beli skateboard lengkap sama tempurung lutut-sikunya, padahal maen otopet aja nggak becus

Kartu kwartetnya yg superhero lokal, Gundala Putra Petir, Kregah Manusia Batu, Pangeran Mlaar, dll.

Masak nyewa video Beta-nya klip musik, mending Dallas atawa Silat…

Cewek2 mesen sepatu kain dari Justine Bandung…pas becek pada memble…

Gara2 John Travolta jadi saban pesta kudu nyewa peralatan disko…

Bolos waktu gunung Galunggung meletus… padahal jauh…

Sempet panik waktu ada kerusuhan di Senen/lapangan banteng waktu Oma Irama kampanye PPP.. maklum belom berpengalaman rusuh

Sempet kagum sama Imaniar dkk “The Kids”

Semua kasetnya Vina dikoleksi…bakal nggantiin koleksi Sanggar Cerita..

Sebelom ada Srimulat, pada nonton Bing Slamet koboi cengeng…koboi Edy Sud di bar mesennya beras kencur…

Saben hari Minggu nonton Mono (Lesmono)…

Kalo beli kasetnya Chicha sama Diana Papilaya boleh minta poster…hayoo

Komik Tintin versi lokal kertasnya kertas koran…kasian…

SMA 6 vs SMA 9 vs SMA 11… Always..

Nonton Meriem Bellina jadi Brooke Shield di Blue Lagoon…nista…(Pengantin Pantai Biru)

Cewek-cewek rambutnya sempet di talang (gaya Farrah fawcet)… najis…

Sempet heran… kok kalo Faradilla Sandy digebuk ******nya sama ibu tiri, yang berdarah idungnya… hayoo…

Terus sempet nangis soalnya nggak dapet sepatu Big Boss padahal yg laen2 pada pake itu…

Cewek2 sempet di-talang rambutnya… maklum gandrung Farah Fawcett di Charlie Angels…untung nggak dimiripin Bear yang di BJ & the Bear…

Mobil2 ditempelin sticker Kuwahara…

Sempet ngalamin era mobil bolak-balik di sepanjang Melawai setiap sore weekend…

Selain mobil diceperin, juga banyak pick-up yang dikasih ban kayak donat.

Setidaknya sempet maen ke Parkir Timur malem-malem pake jaket olahraga, iket kepala, en bawa compo utk ngadu breakdance

Munculnya istilah Tari Kejang yang seumur jagung.

Kalo nyetel tape di mobil yang kedengeran cuman treblenya doang…biar kedengaran dari luar ngechesss…..hehehe
Jamannya lagu disco era “Big Fun”

Diskotek yang kondang Musro alias Music Room.

Pakaian seragam yang bener itu kemejanya dikeluarin, lengannya digulung sampe tinggi, kemudian kancingnya dilepas dua…biar keliatan outlaw…hehehe…cool man…!

Maen sepatu roda disco di Lipstik atau di Happy Days……

Tuker-tukeran label nama warna-warni sesama teman…hihihi..

Simbol status sosial dari merek sepatu.

Yang pernah pergi ke Singapore naik derajatnya, bisa diterima di cool gang.

Kalau ulang tahun nraktirnya di KFC, cuman temen deket yang diajak, kalau nggak ke ajak sedihnya sampai ultah berikutnya.

Nomor telepon masih enam digit. Yang nggak punya telpon biasanya terus ngasih nomor tetangga.

Yang ikut drumband berarti bergaul.

Pake sepatu Kickers, yang hi-top atau yang high-heels, atau yang sandal (yang banyak tiruannya).

Hafal hampir semua lagu dalam film Greasenya John Travolta dan Olivia Newton John.

Selalu nungguin tayangan Oshin

Waktu tiba-tiba wajib pakai label OSIS di kantong dan nama sekolah di lengan baju sekolah, pasangnya pake lem supaya gampang dicopot

Cewek-cewek pada pake sepatu kanvas langsing dengan warna jreng, mereknya Apple Green pokoknya cuma ada di Aldiron.

Sebel ngeliat cewek-cewek kelas 3 yang rambutnya talang terus ke mana-mana bawa saputangan handuk warna-warni.

Punya koleksi komik Nina nggak? Harus lengkap loh!

Tau kalau di AH ada apple pie yang enak banget.

Dulu jalan-jalan di mallnya di Ratu Plaza, trus, bangga banget kalau hari Senin bisa cerita ke temen-temen habis belanja sama ortu di Gajah Mada Plaza (soalnya mirip yang di Singapur, padahal belum pernah ke Singapur)

Maenin lift kapsul di Ratu Plaza

Kalau ke disko harus dandan habis, pakai anting yang lebih gede daripada daun telinga. Trus ke mana ya…. oh, ke Ebony, Musro, StarDust”

Waktu SD, harus udah pernah makan di KFC. Aduh, konsumptif sekali.

Dulu bisa ke Duta Suara bawa 10.000 perak dan borong 10 kaset.

Harus punya koleksi LCLR Prambors dan hapal lagu lagunya.

Harus punya turtle neck! Biar mirip sama yang di majalah Gadis. Eh, masih inget Wiwid foto model waktu baru menang Gadis Sampul?

Jangan pura-pura lupa yang suka sok macho dan sok outlaw (cewek termasuk!) kalo pake sepatu, bagian belakangnya diinjek…

Sempet maksa pagi2 lari pagi di senayan rame-rame padahal cuman numpang nongkrong makan bubur.

Suka ngelinting pinsil… pokoknya alat tulis pinsil, bolpen, dan juga rokok dijepit dgn jari jempol telunjuk lantas jari tengahnya menowel, memutar…nggak jelas bakal apaan.

Buat yang ngaku2 fansnya chaseiro… hayo sebutin nama aslinya si pemilik nama yang dipake untuk huruf “o”…anggota DPR lho….

Pernah rame2 pulang sekolah makan burger di AH (a-ha) Blok M. abis itu ke jalan Sabang… (ih.. nekat tuh).

Saben hari ke Duta Suara… dulu boleh berjam-jam nyobain kaset sekeranjang.. akhirnya cuman beli satu…

Cowok- cowok pada idola-in Vera Kinan yang sering muncul di sampul Gadis, terus cewek-ceweknya pada demen ama Elmo.Ih..imut katanya

Kalo nyewa filem Megaloman / Zabogar patungan Rp 50/anak lima orang.

Bangun pagi, wajib nonton Unyil di TVRI. Untuk ngeliat si nenek sihir dan burung gagaknya (..kwaakkkk…baik bibi ayu….kwaakk)

Acara lagu masih Album Minggu Kita – TVRI.

Tiap hari minggu ada cerita … Si Huma film kartun mingguan Indonesia

A-C-I : Aku Cinta Indonesia

Pasti yang namanya film film warkop Prambors hanya dapat saingan dari film film Baladanya Rhoma Irama……..

Maya Rumantir adalah penyanyi terkece……….

Sandiwara Saur Sepuh adalah fenomena…didengarkan oleh lebih dari 50 juta pendengar saban hari

Mengaku…..Bujangannnn….kepada Setiap Wanita…..ternyata cucunya segudang…..hayo siapa yang nyanyiin?

Kereta Ekonomi bandung-Surabaya masih Rp 1500,_

Gunung Kelud meletus………….

Bencana Tenggelamnya Kapal Tampomas II….dinahkodain Kapten Rifai

Yang pasti setiap awal tahun ajaran ada PBB (Peraturan Baris Berbaris….Militerisasi Sekolah)

Escrava Isaura….film tentang Budak dan Tuan Tanah di Brasil benar benar kondang…Rodolfo….Isaura…Miguel…

Escrava Isaura….film telenovela pertama yg di dubbing…udah habis di ganti Little Missy

Lupus dengan judul Cinta Olympiade karya Hilman

Rick Hunter & Deedee Mcall…udah kawinin aja,

Selecta Pop….oh Julius Sitanggang,

S-A-F-A-R-I Safari…… pengarah acara Eddy Sud, pembawa acara Sri Maryati,

Lipstick & Happy Day ?…… hihihi rodanya ada empat,

Ya Little housenya habis udah nggak ada …. tapi diganti Highway to Heaven, masih dibintaingi Michael Landon koq

Aduh deg-degan nih…besok pelajaran ORKES, ujian SKJ yang seri B, belum hafal nih

Tidak ada CINEMA-CINEMA yg ada Apresiasi Film Nasional…dgn theme song BIMBO-nya…”Aku Cinta..Anda Cinta..Semua Cinta…Buatan Indonesia…”

Hapal nama nama serial minggu siang “serumpun bambu” di TVRI : Budiman, Barep, Murni, Ragil, dkk.

Yg cewe doyan pake jam PopSwatch yg segede gede bagong.

Argo taxi nya kalo skali duduk masih Rp.500,-

Kalo mo make telpon,harus diputer nomernya,belom ada yg dipencet.

Teh botol sosro masih Rp.200,-

Gak ada kuiz di tv selain “cerdas cermat” dan “cepat tepat” (Hadiahnya perangkat sekolah)

Di roda BMX nya di selipin gelas aqua biar bunyinya kayak motor

Demen banget main Atari biarpun kaset game-nya itu itu aja..

Yang cewe: tas dan alat alat sekolah nya ada gambar new kids on the block, bahkan sampe di kamar kamarnya banyak poster mereka.

Nonton lawak live show di radio 101.6 FM

Mainan game komputer Frog, Digger, Space Invader, dll.

Game ding dong yg beken : KungFu dan 1942 (yg kapal perang).

Dimana mana ada yang pasang lagu tom and jerry .

Punya koleksi komik casper dan richie rich ( biarpun boleh minjem punya teman lalu jadi hak milik). H

Hapal semua tokoh lima sekawan :George,Julian,Anne,Dick,dan Tim.

Belum ada jamannya IRC, tapi jamannya ORARI .

Kalo ngeliat video klip “We Are The World” ama “Liberian Girl”, elu bisa nyebutin nama para bintang yg tampil di video klip itu.

(Taken From Various Sources All Over The Net)

4 thoughts on “Profil Anak Jkt Taon 80-an :

  1. hani nhk says:

    huahahaha! gue bangettt!

  2. DiBot ! says:

    wah kalo gitu gue harusnya manggilnya MBAK HANI dong yah…hmmm….

  3. hani nhk says:

    silakan aja, asal jgn manggil “pak” huehehe :))

    ehh, kok ga ada ACI segh? kalo org curang, pasti ngomsnya, “Ah, ga aci negh!”

  4. DiBot ! says:

    *gubrak*

    masih inget aja…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: